Panduan Pendaftaran SNBP 2024

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang panduan pendafataran SNBP 2024. Perlu diketahui bahwa tidak semua siswa bisa mendaftar di SNBP. Hanya siswa yang eligible dan sudah lengkap data PDSS-nya yang diperbolehkan mendaftar di SNBP 2024. Pastikan juga bahwa kalian telah membuat Akun SNPMB dan sudah difinalisasi (simpan permanen).

Berikut uraian tahapan pendaftaran SNBP 2024 :

1. Login Siswa

Silakan masuk ke halaman awal dengan login via Portal SNPMB yang dapat diakses pada tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id 

Masukkan Email dan Password pada form login di atas. Gunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal SNPMB.

2. Tampilan Menu

  • Jika anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNBP, maka tampilannya seperti ini :


  • Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNBP, maka akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNBP 2023. Silakan mengikuti SNBT 2023" seperti pada tampilan berikut:


  • Jika Anda memenuhi syarat mendaftar di SNBP namun belum melakukan permanen Akun SNPMB, maka akan muncul tampilan berikut:

  • Jika Anda bukan siswa lulusan tahun ini, maka tampilan yang muncul sebagai berikut :



3. Menu Profil

Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa, perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di Akun SNPMB yang telah disimpan permanen.
Data Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNBP.


Silahkan isi Jumlah Tanggungan Orang Tua dan Besar Penghasilan Ayah dan Ibu dan klik Simpan.
Jumlah tanggungan orang tua adalah anggota keluarga yang tidak bekerja dan masih dibiayai kepala keluarga. Anggota keluarga tanggungan ortu itu sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK).
Sebagai contoh, sebuah keluarga siswa terdiri dari ayah, ibu, 2 kakak laki-laki, dan 1 anak peserta SNBP 2023. Ayah, Ibu, dan 1 kakak laki-laki telah bekerja. Sementara itu, 1 kakak laki-laki dan 1 anak peserta SNBP 2023 tidak bekerja. Maka, jumlah tanggungan keluarga dalam kasus tersebut adalah 2 orang, mencakup 1 kakak laki-laki dan 1 anak peserta SNBP 2023.

4. Menu Pilihan PTN & Jurusan

Pada menu ini kalian diminta memasukkan pilihan perguruan tinggi dan program studi yang akan dimasukkan. Berikut aturan pemilihan prodi di SNBP:
  1. Memilih satu pilihan saja, dan pilihan kedua wajib dikosongi. Maka kalian bebas memilih PTN di Provinsi manapun juga.
  2. Memilih dua pilihan. Jika memilih dua pilihan, maka salah satu PTN harus satu Provinsi dengan sekolah asal.
Berikut tampilan awal dari halaman PILIHAN


Selanjutnya Pilih Perguruan Tinggi tujuan, maka tampilan Program Studi di PTN tersebut akan muncul.

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai -, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas seperti pada gambar berikut:

Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut jika pilihan prodi anda tidak membutuhkan isian portofolio:

Pilih Simpan dan jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut:

5. Menu Portofolio

Menu ini khusus untuk program studi yang membutuhkan portofolio. Jika program studi yang kalian pilih tidak membutuhkan portofolio, maka kalian tidak perlu mengisi bagian ini.

Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka halaman pada gambar di atas akan kosong (hanya muncul header Portofolio saja). Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang disediakan.
Untuk mengisi portofolio, pilih Browse untuk memilih file yang akan diunggah kemudian tekan tombol SIMPAN. Berikut tampilan tombol Unduh ketika sudah mengisikan file portofolio:
Jika berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi sebagai berikut:

6. Menu Prestasi

Menu ini tidak wajib diisi jika tidak punya prestasi yang bisa di upload. Prestasi apa saja yang bisa dilampirkan, simak disini Sertifikat Prestasi Pendukung SNBP.
Berikut tampilan menu Prestasi :


Bukti Prestasi di isi dengan dokumen Sertifikat Prestasi. Sedangkan Bidang Prestasi bisa dipilih dari pilihan yang tersedia.

Tingkat Prestasi meliputi :

Lalu pilih jenis prestasi, apakah Individu atau Kelompok.
Kalian dapat melampirkan 3 jenis prestasi terbaik dan yang paling mendukung prodi yang kalian pilih.
Setelah selesai tekan tombol SIMPAN yang ada pada akhir halaman kanan bawah seperti pada tampilan berikut: 

Setelah menyimpan, akan muncul notifikasi berikut jika penyimpan telah berhasil:

7. Menu Finalisasi

Finalisasi data pilihan SNBP Anda jika anda memang sudah yakin semua isian sudah diisikan dengan benar. Silakan membaca dengan detail terlebih dahulu pernyataan yang akan disetujui.
Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan anda tidak bisa membatalkan Finalisasi dengan cara apapun.
Kemudian pilih Finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan seperti pada gambar berikut:

Pilih Finalisasi jika anda sudah yakin semua isian anda sudah benar. Setelah itu tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan, seperti pada gambar berikut:

7. Cetak Kartu Peserta

Kartu peserta berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya bisa mengunduh kartu peserta jika anda sudah melakukan Finalisasi.

Berikut adalah contoh dari kartu peserta yang dapat diunduh setelah melakukan finalisasi:




0 Comments:

Post a Comment